Senin, 22 September 2014

PENGENALAN KOMPUTER

 
 Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

 

1.    Generasi Pertama

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

 

2.    Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

 

3.    Generasi Ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

 

4.    Generasi Keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

 

5.    Generasi Kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
http://sejarahsingkatkomputer.blogspot.com/ 



 perangkat komputer
Perangkat Lunak Komputer

Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
  1. Mengidentifikasi program
  2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
  3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam Perangkat Lunak

Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
  1. Sistem Operasi (Operating System),
  2. Program Aplikasi (Application Programs),
  3. Bahasa Pemrograman (Programming Language),
  4. Program Bantu (Utility)
1.  Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
  • Menyimpan program dan aksesnya
  • Membagi tugas di dalam CPU
  • Mengalokasikan tugas-tugas penting
  • Merekam sumber-sumber data
  • Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
  • Memeriksa kesalahan sistem
  • Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
  • Memelihara keamanan sistem,   khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

2.  Program Aplikasi (Aplication Programs)
Program Aplikasi adalah  perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program  pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
  • Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
  • Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
  • Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi   pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++

4. Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
  • Norton Utility
  • Winzip
  • Norton Ghost
  • Antivirus                                                                                                                   

    Pengertian Hardware (perangkat keras) Komputer

    Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

    Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
    Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

    1. input divice (unit masukan)
    2. Process device (unit Pemrosesan)
    3. Output device (unit keluaran)
    4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
    5. Periferal ( unit tambahan)

    komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.

    1. Unit Masukan ( Input Device )
    Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
    Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
    • Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
    • Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
    Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
    a. Keyboard
    Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
    gambar-211.jpg
    keyboard qwerty
    Jenis-Jenis Keyboard :
    1.) QWERTY
    2.) DVORAK
    3.) KLOCKENBERG
    Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
    1. typewriter key
    2. numeric key
    3. function key
    4. special function key.
    b. Mouse
    Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
    mouse
    perangkat mouse
    Mouse Wireless
    c. Touchpad
    Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
    gambar-213a.jpg
    Touch Pad
    gambar-213b.jpg
    Touch Pad Track Ball
    gambar-213c.jpg
    Pointing Stick
    d. Light Pen
    Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
    gambar-214.jpg
    perangkat Light Pen
    e. Joy Stick dan Games Paddle
    Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
    gambar-215.jpg
    Gambar Joy Stick dan Paddle Games
    f. Barcode
    Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
    gambar-217.jpg
    Barcode Reader
    gambar-216.jpg
    contoh barcode
    Gambar Barcode
    g. Scanner
    Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
    gambar-218.jpg
    Scanner
    Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
    h. Kamera Digital
    Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
    gambar-219.jpg
    kamera digital
    i. Mikropon dan Headphone
    Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
    gambar-220.jpg
    headphone
    j. Graphics Pads
    Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.


     http://perangkatkerasdanlunakpadakomputer.blogspot.com/


Mengenal Microsoft Word 2013

Microsoft Word adalah anggota dari Microsoft Office. Selain Microsoft Word ada juga yang lainnya seperti:
  • Microsoft Access
  • Microsoft Outlook
  • Microsoft Project
  • Microsoft OneNote
  • Microsoft SharePoint
  • Microsoft Excel
  • Microsoft Visio
  • Microsoft InfoPath
  • Microsoft PowerPoint
  • Microsoft Publisher
Program - program dalam Microsoft Office 2013
Sekarang kita akan mengenal bagian bagian Microsoft Word:

Microsoft Word 2013 adalah sebuah program memiliki banyak pembantu fitur aksesibilitas yang baik memudahkan para penyandang cacat untuk menggunakan produk ini, dan untuk semua pencipta konten untuk membuat dokumen lebih mudah diakses.
Berikut adalah beberapa Penjelasan: 
  • Membuat Microsoft Office lebih mudah untuk melihat, mendengar, dan penggunaan
  • Membuat dokumen diakses, spreadsheet, dan presentasi dengan Microsoft Office 2013
  • Dapatkan hasil maksimal dari pengalaman komputasi Kantor Anda

Membuat Microsoft Office lebih mudah untuk melihat, mendengar, dan penggunaan
Gunakan keyboard untuk bergerak di sekitar pita
Menu dan toolbar dalam semua program Office 2013 menggunakan pita seperti pada Office 2010. Pita berisi semua perintah yang digunakan dalam program ini. Untuk bergerak melalui pita dengan keyboard bukan mouse, tekan F10 dan kemudian tekan Ctrl + Panah Kanan atau Ctrl + Panah Kiri untuk pindah ke tab ribbon yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengakses perintah dalam beberapa keystrokes dengan menggunakan shortcut keyboard. Anda dapat menggunakan cara pintas keyboard untuk mengakses setiap perintah dalam program yang menggunakan pita Office.
screen shot dari Office 2013 pita dengan nomor tombol akses dan huruf ditampilkan
Office 2013 pita dengan nomor tombol akses dan huruf ditampilkan
Cara pintas keyboard memungkinkan Anda dengan cepat menggunakan perintah dengan menekan beberapa tombol, terlepas dari mana Anda berada dalam program ini. Anda bisa mendapatkan sebagian perintah dengan menggunakan dua sampai lima keystrokes. Tekan huruf ditampilkan dalam KeyTip atas fitur yang ingin Anda gunakan.
Tip: Sebuah cara yang bagus untuk membantu mengurangi kompleksitas pita sehingga Anda dapat lebih berkonsentrasi penuh pada pekerjaan Anda adalah untuk menyesuaikannya. Anda dapat menyesuaikan pita dengan mengklik file > Options > Customize Ribbon .
Memperbesar atau memperkecil dokumen, presentasi, atau lembar kerja untuk visibilitas lebih baik di layar
Anda dapat memperbesar untuk mendapatkan tampilan close-up file Anda atau zoom out untuk melihat lebih banyak halaman pada ukuran berkurang. Anda dapat memperbesar baik dengan memilih slider bar di daerah zoom dari status bar di bagian bawah dokumen Anda, atau, padaLihat tab, di Zoom grup, klik Zoom , dan kemudian masukkan persentase.
Slider zoom bar di daerah status scree
Slider zoom bar di area status layar
Kelompok Zoom pada tab View di Microsoft Word 2013
Kelompok Zoom pada tab View di Microsoft Word 2013

Dapatkan akses cepat ke perintah yang sering digunakan
Bila Anda ingin melakukan hal-hal ke seluruh file seperti mencetak, menyimpan, atau membuka file yang berbeda, klik Berkas tab (Alt + F) untuk pergi ke tampilan Microsoft Office Backstage. Tampilan besar ini memberikan detail lebih lanjut tentang perintah yang tersedia dan bagaimana menggunakannya. Organisasi ini mengurangi keystrokes dan waktu pencarian, dan membuat navigasi yang lebih mudah.
Office 2013 Backstage tampilan
Office 2013 Backstage tampilan

Gunakan Baca Mode untuk melihat lebih jelas
Gunakan Baca mode baru di Word 2013 untuk indah, pengalaman membaca bebas gangguan. Baca Modus menyembunyikan sebagian besar tombol dan alat sehingga Anda dapat diserap dalam membaca Anda tanpa gangguan. Tekan ALT + W, kemudian tekan F untuk membuka Baca Mode.
Juga sementara di Baca mode Anda dapat mengklik dua kali gambar untuk mendapatkan tampilan yang diperbesar. Klik di luar gambar untuk kembali ke bacaan.
Dokumen di Baca Modus Word 2013
Dokumen di Baca Modus Word 2013

Gunakan ejaan dan tata bahasa checker untuk memverifikasi pekerjaan Anda
Semua program Microsoft Office dapat memeriksa ejaan dan tata bahasa dari file Anda. Pada Microsoft Word 2013, memulai Spelling dan Grammar checker dengan mengklik Ulasan > Spelling dan Grammar .
Firman pita dengan Ejaan dan Grammar perintah disorot
Firman pita dengan Ejaan dan Grammar perintah disorot

Kesalahan ejaan secara otomatis benar
Typos yang benar dan kata-kata salah eja sebagai Anda menulis dengan menggunakan fitur AutoCorrect di Office 2013. Anda dapat menyisipkan simbol dan bagian lain dari teks secara otomatis juga. AutoCorrect otomatis berisi daftar salah ejaan dan simbol-simbol khas, tetapi Anda dapat memodifikasi daftar sesuai dengan kebutuhan Anda.
AutoCorrect kotak dialog "Ganti teks saat Anda mengetik" daerah
AutoCorrect kotak dialog "Ganti teks saat Anda mengetik" daerah

Perintahkan komputer Anda dengan suara
Speech recognition, yang datang dengan Windows 8, memungkinkan Anda untuk bergerak di sekitar layar komputer Anda dengan menggunakan perintah suara, bukan keyboard dan mouse. Untuk menggunakan Windows untuk mendikte teks dan mengontrol komputer Anda dengan hanya mengatakan apa yang Anda lihat, klik Control Panel , dan ketik pidato di kotak pencarian. Kemudian klik Windows Speech Recognition . Begitu Speech Recognition sudah diatur Anda dapat memulainya dengan mengatakan Mulai mendengarkan .
Kontrol Speech Recognition
Kontrol Speech Recognition

Mendengar teks tertulis yang dibacakan dengan lantang
Kemampuan komputer Anda untuk memutar teks ditulis sebagai kata yang diucapkan adalah pidato text-to-atau fungsi TTS. Tergantung konfigurasi dan menginstal mesin TTS, Anda dapat mendengar sebagian teks yang muncul di layar Anda di Word 2013, Outlook 2013, PowerPoint 2013 dan OneNote 2013. Hanya sorot teks yang ingin mendengar dan kemudian klikBicara teks yang dipilih icon (atau, tekan Alt + nomor tombol akses).
Office 2013 pita Quick Access toolbar dengan "Speak teks yang dipilih" icon disorot
Office 2013 pita Quick Access toolbar dengan "Speak teks yang dipilih" icon disorot

Mendengar teks asing dibacakan dengan Mini Translator
Bagi mereka yang menerima pesan email atau dokumen yang berisi kata-kata dalam bahasa yang berbeda, Microsoft Office 2013 memiliki Mini Translator yang memungkinkan Anda menunjuk pada sebuah kata atau frase yang dipilih dengan mouse anda untuk menampilkan terjemahan di jendela kecil. The Mini Translator juga mencakup tombol Play sehingga Anda dapat mendengar pengucapan audio dari kata atau frase, dan tombol Copy sehingga Anda dapat menyisipkan terjemahan ke dokumen lain.
Office 2013 pita dengan tab Ulasan tombol Penterjemah terbuka dan Mini disorot
Office 2013 pita dengan tab Ulasan tombol Penterjemah terbuka dan Mini disorot

Gunakan keyboard untuk bekerja dengan grafis SmartArt
Sebuah SmartArt grafis adalah representasi visual dari informasi-seperti diagram-yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan dokumen Anda dan presentasi. Anda dapat membuat grafik SmartArt di Excel, Outlook, PowerPoint, dan Word, dan Anda dapat menyalin dan menyisipkan grafik SmartArt sebagai gambar ke dalam program Office lainnya.
Anda dapat membuat SmartArt grafis menggunakan keyboard daripada mouse. Dan, Anda dapat memasukkan SmartArt grafis ke dalam dokumen Office.
Grafis SmartArt
Grafis SmartArt
Pelajari lebih lanjut tentang bekerja dengan grafis SmartArt:
  • Menghidupkan SmartArt grafis Anda
  • Mengubah warna bentuk, gaya, bentuk perbatasan, atau seluruh SmartArt grafis
  • Pilih SmartArt grafis
  • Video: Menghidupkan grafik dan SmartArt

Membuat dokumen diakses, spreadsheet, dan presentasi dengan Microsoft Office 2013
Buat file Office diakses
Pelajari cara membuat dokumen Word lebih mudah diakses. Anda dapat menambahkan teks alternatif untuk gambar dan objek, mengatur konten sehingga mudah bagi pembaca layar untuk mengikuti, dan menyertakan keterangan untuk file audio dan video. Juga, belajar bagaimana membuat file Excel dapat diakses dengan memasukkan teks alternatif untuk gambar dan obyek dan menentukan header tabel. Dalam PowerPoint , Anda bahkan dapat menambahkan keterangan tertutup untuk audio atau video.
Periksa dokumen untuk aksesibilitas
Dengan mengklik tombol di Word 2013, Excel 2013, PowerPoint 2013 dan Anda dapat memindai dokumen, spreadsheet, atau presentasi untuk mengidentifikasi daerah-daerah yang mungkin menjadi masalah bagi pengguna yang memiliki keterbatasan. Fitur, yang disebut "Aksesibilitas Checker," membantu Anda membuat konten lebih mudah diakses. Ini menyoroti dan menjelaskan masalah aksesibilitas, sehingga Anda dapat memperbaikinya sebelum konten adalah final.
Periksa opsi Aksesibilitas di Info daerah Office 2013 Backstage tampilan
Periksa opsi Aksesibilitas di Info daerah Office 2013 Backstage tampilan

Gunakan Alt Text untuk menggambarkan bentuk, gambar, tabel, dan grafik bagi orang yang tidak dapat melihat mereka
Bagi orang yang tidak bisa melihat bentuk, gambar, tabel dan objek lainnya dalam dokumen Anda, Anda dapat menambahkan keterangan untuk masing-masing menggunakan alternatif, atau teks Alt. Orang yang menggunakan pembaca layar kemudian akan mendengar uraian dari gambar atau objek karena mereka memindai dokumen Anda. Dengan menggunakan teks Alt dalam dokumen Anda, Anda dapat membantu mengungkapkan isi bahkan kompleks untuk orang-orang yang tidak bisa melihat layar. Lokasi untuk menambahkan teks Alt telah berubah sedikit di Office 2013. Dulu dalam Object Format kotak dialog di Office 2010, tetapi dalam Office 2013 sekarang dalam Format Object task pane. Setelah memasukkan foto, misalnya, Format Picture Alat menu terbuka. Di sisi kanan bawah Format Picture , pilih Tata Letak dan Properties dan klik icon ALT TEXT untuk menampilkan kotak teks yang digunakan untuk menggambarkan gambar.
Format Picture task pane terbuka untuk Format tab Picture Tools dengan Layout dan ikon Properti disorot dan kotak teks ALT ditampilkan
Format Picture task pane terbuka untuk Format tab Picture Tools dengan Layout dan ikon Properti disorot dan kotak teks ALT ditampilkan

Aksesibilitas di SharePoint Services
Menggunakan SharePoint 2013 , tim Anda dapat mengatur website untuk berbagi informasi dengan orang lain, mengelola dokumen dari awal sampai akhir, dan mempublikasikan laporan untuk membantu orang membuat keputusan yang lebih baik. Produk SharePoint termasuk fitur yang membuat perangkat lunak lebih mudah bagi lebih banyak orang untuk menggunakan, termasuk orang-orang yang memiliki low vision, ketangkasan terbatas, atau cacat lainnya. Sebagai contoh, SharePoint memiliki cara pintas keyboard dan tombol akses yang memungkinkan Anda melakukan banyak hal tanpa mouse. Dan, bagi orang-orang yang menggunakan teknologi bantu seperti pembaca layar, SharePoint menawarkan Modus Lebih diakses , fitur khusus yang dapat membuat versi yang berbeda dari unsur-unsur perangkat lunak, seperti bentuk disesuaikan, jika pembaca layar tidak dapat menangani elemen asli.
Buat file PDF diakses
Pelajari cara untuk menandai file PDF sehingga pembaca layar dan teknologi pendukung lainnya dapat menentukan urutan membaca logis dan navigasi untuk file. Hal ini juga memungkinkan reflow konten lebih mudah untuk jenis besar display, personal digital assistant (PDA), dan ponsel. Microsoft Office 2013 versi Word, Excel, PowerPoint, dan Visio semua memungkinkan Anda untuk menandai file PDF secara otomatis bila Anda menyimpan file dalam format PDF.
Tagging menambahkan lapisan informasi yang disebut "semantik" ke dokumen PDF, yang menunjukkan apa jenis benda yang termasuk dalam sebuah file, misalnya: judul, paragraf, gambar dan tabel. Pembaca layar dan teknologi pendukung lainnya menggunakan semantik ini untuk menyajikan informasi. Bila Anda menyimpan file Anda sebagai PDF, aplikasi Office menambahkan semantik ini ke file.

Dapatkan hasil maksimal dari pengalaman komputasi Kantor Anda
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Office 2013 pada komputer yang menjalankan Windows 8, mengeksplorasi lebih fitur aksesibilitas Windows.
Gunakan Windows 8 Narator dengan Office 2013

Windows 8 termasuk perbaikan, built-in teknologi bantu. Bila menggunakan Office 2013 dengan Windows 8, Anda dapat menggunakan built-in layar reader, Narator, untuk membaca dan membuat dokumen Word, slide PowerPoint, spreadsheet Excel, OneNote notebook, dan email Outlook.
 http://belajar-komputer-onlines.blogspot.com/2013/12/mengenal-microsoft-word.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar